Sabtu, 13 Maret 2010

BEDAH RUMAH ALA WARGA DESA IMBANAGARA



BERITA.Com
Dalam tempo dua bulan, sebanyak 8 unit rumah kumuh tidak layak huni,terutama milik wanita jompo di Desa Imbanagara Kec./ Kab. Ciamis kini telah berhasil direnovasi.Bedah rumah ala warga Desa Imbanagara ini seluruh biayanya merupakan hasil swadaya murni masyarakat.Bahkan,rumah yang dibenahnya pun menjadi permanen.
“Kami bangga,karena warga desa secara swadaya dan bergotong royong telah berhasil melakukan bedah rumah yang tidak layak huni milik warga lain dari keluarga tidak mampu,terutama wanita jompo.”ungkap Dadang,Kepala Desa Imbanagara.
Dadang menjelaskan,ada 4 unit rumah yang bulan lalu dibedah warga antara lain rumah milik Ny.Itoh dan Ny.Nani di Dusun Ciwahangan Rt.01/08,rumah Ny.Anah di Dusun Warung Wetan Rt.04/04,dan rumah Ny.Emin di Dusun Lebaklipung Rt.07.
Sedangkan 4 unit rumah lain yang tengah dalam proses renovasi yani 1 unit di Dusun Cihawangan,2 unit di Dusun Warung Wetan,dan 1 unit milik Ustadz Khaer di Lebaklipung.”Sebenarnya masih ada beberapa rumah tidak layak huni di desa kami yang perlu direnovasi.Dan warga kami tampaknya siap lakukan bedah rumah secara bertahap.” ujarnya.
Bila melihat kondisi fisik bangunan rumah yang dibedah warga cukup permanen,menurut Kades Imbanagara.maka untuk satu unit rumah menghabiskan dana berkisar antara Rp.15 juta sampai Rp.25 juta.
Adapun program ‘bedah rumah’ ada Desa Imbanagara itu,termasuk salah satu komitmen Dadang saat kampanye Pilkades beberapa bulan lalu,yakni ingin memperhatikan kehidupan rakyat miskin.”Namun,semua itu berkat adanya dukungan warga juga.”tutur Kades Dadang.
Seorang pemilih rumah yang telah direnovasi,Ny.Anah warga Dusun Warung Wetan mengaku bahagia,karena kini rumahnya panggungnya itu menjadi permanen.Bahkan lantainya pun berkeramik.
“Dulu,rumah saya ini the panggung dan mau ambruk.Alhamdulillah sekarang mah jadi bagus.Saya berterima kasih kepada Pak Kuwu dan warga kampung khususnya.”ujar Ny.Anak berbinar-binar(REDI MULYADI)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar