Sabtu, 13 Maret 2010

Napak Tilas Sejarah Galuh di Museum Galuh



BERITA.Com

Selama ini, memang tak banyak warga Ciamis sekalipun yang mengetahui mengenai sejarah Kerajaan Galuh, meskipun banyak terdapat situs-situs sebagai peninggalannya. Hal itu, entah karena kurangnya interes warga akibat arus globalisasi, atau kurangnya minat dari pemerintah yang kurang memperkenalkan sekaligus mempertahankan kekayaan khazanah budaya yang dimilikinya.

Untuk itu, untuk pertama kalinya Yayasan Galuh Imbanagara bekerjasama dengan Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar acara Napak Tilas Sejarah Galuh, pada 24 Juni 2009 lalu, yakni dengan diadakannya acara gerak jalan santai sejauh 5,5 km yang melalui rute 10 situs makam-makam Bupati Galuh di wilayah Desa Imbanagara Kecamatan Ciamis.

Kegiatan yang dihelat dengan upacara adat tradisional Sunda Buhun di halaman Museum Galuh Imbanagara itu, dimaksudkan agar para peserta yang mayoritas adalah warga Ciamis agar mengenal situs-situs mengenai Kerajaan Galuh di Imbanagara. Para peserta menyambangi situs makam TMG Wiradikoeseomah yang merupakan Bupati Galuh Ciamis I, kemudian ke makam Rd Adipati Kusumahdinata III, Dr Adipati Natakoesoema dan Rd Adipati Surapraja yang merupakan Bupati Galuh periode tahun 1751-1811. Selanjutnya ke situs makam Rd Adipati Aria Panji Jayanagara Bupati Galuh Imbanagara tahun 1642-1678, terakhir ke makam Rd Adipati Angganapraja yang merupakan Bupati Galuh Imbanagara tahun 1678 yang berada di Majalaya Imbanagara Raya Ciamis.

Ketua Yayasan Galuh Imbanagara, R Enggan S Rahmat mengatakan, bahwa Napak Tilas tersebut merupakan sebuah prosesi yang mengisahkan pindahnya pemerintahan Kerajaan Galuh di bawah pimpinan Rd Panji Aryajayanegara dari Nagara Tengah Cineam ke Barunai (Imbanagara) pada tanggal 12 Juni 1842. "Hari itu merupakan cikal bakal Kabupaten Ciamis, sekaligus dijadikan sebagai Hari Jadinya Kabupaten Ciamis," terangnya.

Dengan digelarnya acara Napak Tilas semacam ini, lanjut R Enggan S Rahmat, agar warga Ciamis tidak melupakan akan sejarah berdirinya Ciamis yang semula dari Kerajaan Galuh dan bahkan tetap lestari.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Budaya Kab.Ciamis, Drs H Cu Herman mengingatkan agar warga Ciamis senantiasa tidak melupakan sejarah masa lampau. Serta diminta untuk turut serta menjaga kelestarian dan keutuhan nilai-nilai budaya sejarah Galuh. “Kami harap, warga Ciamis agar tidak melupakan tapak lacak atau sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi cikal bakalnya Kab.Ciamis,”ungkapnya.

”Selain wisata keindahan alam,Kabupaten Ciamis mempunyai potensi wisata ziarah yang sudah berhasil dikembangkan di kawasan objek wisata Situ Lengkong Panjalu,” kata Cu. Dia menambahkan, kegiatan napak tilas merupakan kegiatan turun-temurun dari setiap kepala daerah yang pernah memimpin Kabupaten Ciamis.Kegiatan ini setiap tahun dikemas dengan tujuan dan budaya yang berbeda. ”Kami berharap khasanah potensi kebudayaan di Kabupaten Ciamis bisa terus berkembang dan tetap diminati,”tuturnya.(REDI MULYADI)***

3 komentar:

  1. kumaha nasibna situs nagara tengahnya... nu cikal bakal imbanagara ciamis... kaleresa simkuring ibu katurunan ti karang layung bapak ti sindang sari,cilutung, aki mantan kuwu cineam

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    BalasHapus
  3. Di Imbanegara hanya ada makam pada bupati, atau pernah jadi pusat kerajaan galuh juga?

    BalasHapus